Menjadikan HP Android Sebagai Modem

Dodi Nurdjaja

Header Ads

728 x 90 ads 728 x 90 ads
Maaf sedang ada penataan ulang label, dalam rangka mau ganti theme/template. Berdampak di Menu Utama.


DMCA.com Protection Status
Copas harus se-izin pemilik konten

Menjadikan HP Android Sebagai Modem

Menjadikan HP Android Sebagai Modem, semata-mata untuk bergantian dengan modem USB lama saya.
---
Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem

Modem (modulator demodulator) adalah istilah atau sebutan untuk alat yang digunakan sebagai penghubung PC (komputer) ke internet. Bagaimana cara kerjanya? Tak usah dipikirkan. :D
(Baca kembali http://dodi-nurdjaja.blogspot.com/2013/01/ilustrasi-kecepatan-internet-broadband.html)


Saya sebenarnya telah lama menggunakan modem USB. USB (Universal Serial Busline) adalah istilah untuk jalur penghubung (jack) atau i/o (input/output) PC (komputer). Untuk menyiasati modem USB agar tidak terlalu cepat panas, saya gunakan kabel USB tambahan (extender). Jika perlu kabel yang lebih panjang (minimal 1 meter), pastikan terdapat penguat arus data.


Karena satu dan lain hal, akhirnya saya beli HP android. Saat saya beli, saya bertanya kepada karyawan ritel, bagaimana caranya agar HP android ini bisa dijadikan modem. Karyawan itu bilang tidak bisa. Saya beli HP android merk LG type E 410. Saat di rumah, saya baca dengan seksama petunjuknya. Di situ tertera alamat web resmi LG. Saya buka, dan saya cari bagian CS (Customer Service). Berikutnya saya hubungi CS, dan bertanya segala sesuatunya.


Menjadikan HP Android Sebagai Modem, semata-mata untuk bergantian dengan modem USB lama saya.


Hal terpenting dalam menjadikan HP android sebagai modem adalah:
Pastikan bahwa HP android itu sudah bisa untuk koneksi ke internet.
Setting koneksi internet, tergantung kepada masing-masing kartu HP. Saya menggunakan kartu GSM XL. Untuk memastikan, saya bawa ke XL Center, dan minta di-setting. Kalau sudah bisa koneksi ke internet, tentunya kita juga harus bisa memutus koneksi tersebut, kan? Cara memutus koneksi internet (pada LG E410) Setting>> Mobile Data (di bawah sub judul WIRELESS & NETWORK)>> Off. Mudah, kan?

Sebaiknya, logout semua program/apps di HP android yang terhubung dengan internet.

Nyalakan PC (komputer), lalu siapkan koneksi yang diinginkan.
Berbagai opsi HP android sebagai modem
1. Menggunakan USB (pada LG E410) Setting>> PC connection (di bawah sub judul SYSTEM). USB connection type>> USB tethering. Pasang kabel USB (bawaan saat beli, yang juga bisa sebagai kabel charge). Pada tahap awal, lakukan "Install" pada PC (komputer), pada koneksi berikutnya, bisa langsung "Skip". Tunggu sampai terhubung.

2. Menggunakan Bluetooth (pada LG E410) Setting>> More... (di bawah sub judul WIRELESS & NETWORK)>> Bluetooth tethering (ditik/di-checklist). Buka Bluetooth di PC (Komputer). Biarkan mencari lalu pilih nama alat yang dimaksud.
3. Menggunakan Wi-Fi (pada LG E410) Setting>> More... (di bawah sub judul WIRELESS & NETWORK)>> Portable Wi-Fi hotspot. Isi setting di "Set up Wi-Fi hotspot" dan "Timeout". Buka Wi-Fi di PC (Komputer). Pilih nama koneksi (dan setting) yang dimaksud, isi Password.
Setting lainnya bisa disesuaikan. Setting di atas berdasarkan pengalaman menggunakan HP LG E410, untuk HP android merk/jenis lain, caranya hampir sama atau cenderung mirip.

Berikutnya, tinggal buka browser (atau program/apps lainnya yang menggunakan internet).

Kecepatan tertinggi dalam browsing internet, adalah menggunakan kabel USB, berikutnya adalah Bluetooth dan Wi-Fi.

Pada Bluetooth dan Wi-Fi, paket data internet disusun ulang untuk ditumpangkan pada gelombang Bluetooth atau Wi-Fi. Seperti menumpangkan gambar dan suara pada gelombang elekromagnetik Televisi. OS (Operating System) pada HP andorid akan bekerja extra dan lebih panas. HP akan semakin cepat panas. Batere akan cepat habis dan cepat panas pula.


Bersambung ke Cara Mengatasi Panas Modem



=====

Modem HP Android

=====
NB (update):
1. Jika mengalami kesulitan dalam Install otomatis pada USB tethering, silakan download driver dari LGUnitedMobileDriver_Ver_3.10.1.exe - 10.9 MB

1 komentar:

Iklan dan Promosi terselubung masih boleh, asal cantumkan komentar yang sesuai tema.
Iklan/promosi yang berlebihan dan komentar yang tidak sesuai tema, akan dihapus.
Komentar spam akan dihapus juga.

Copyright © 2011 Dodi®Nurdjaja™ . Diberdayakan oleh Blogger.