Membuat Daftar Isi Otomatis

Dodi Nurdjaja

Header Ads

728 x 90 ads
728 x 90 ads
DMCA.com Protection Status
Copas harus se-izin pemilik konten

Membuat Daftar Isi Otomatis

Kalau kita googling, “daftar isi”, akan tampil seluruh web yang mengandung kata-kata itu. Lebih spesifik, dengan “membuat sitemap di blog”, maka pada urutan teratas, kita akan menemukan blog-blog yang memberikan panduan membuat daftar isi secara otomatis.

(Dalam kondisi ‘rabun’ internet, dengan menggunakan ‘tongkat’ google,malah nyasar di site map. Sebuah perjalanan panjang dalam menuangkan tulisan yang secuil ini.)

Membuat Daftar Isi Otomatis

Daftar isi yang paling favorit saya temukan adalah milik Abu Farhan. Tapi jika mau membandingkan dengan yang lebih sederhana kita harus menguras waktu untuk melihat satu per satu blog yang memberikan panduan atau rangkaian perintah java html.

Yang paling sederhana adalah milik Heru Setiawan. Jika saya aplikasikan ke blog saya akan menjadi


<script src="http://me-sitemap.googlecode.com/files/mysitemap.js" type="text/javascript">
</script>
<script src="http://dodi-nurdjaja.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script>


Di sini, kita melihat ada dua rangkaian perintah. Perintah pertama, mengambil (download) file mysitemap.js dengan ID me-sitemap. Perintah kedua memberi peta pada dodi-nurdjaja.blogspot.com.

Bagi yang sudah pengalaman dengan javascript, tentu bisa edit file mysitemap.js dengan cara download langsung dengan perintah menulis http://me-sitemap.googlecode.com/files/mysitemap.js pada url. Lalu setelah diedit, kita simpan (upload) kembali di code.google.com dengan ID dan nama_file kita sendiri. Tapi buat apa repot-repot. Toh kita bisa manfaatkan yang sudah ada. (Kelak akan saya tuliskan pengalaman upload file di code.google.com).

Google menyediakan syntax filetype yang memungkinkan kita memilih file dengan ekstensi yang sudah kita tentukan. Tapi jika kita googling “code google filetype:js site map”, tidak serta-merta hanya yang berkaitan dengan sitemap (daftar isi) saja yang muncul. Itu juga yang membuat pencarian menjadi demikian sulit.

Jadi, kembali lagi, kita tinggal pakai yang sudah ada saja. Ibarat teknologi mobil, tak perlu, lah, kita mengerti semua tentang mesin, yang penting bisa mengendarainya.

Ada baiknya kita mencoba beberapa site map generator (online), yang bisa kita googling dengan “site map generator”. Masing-masing memiliki kelebihan dalam menganalisa situs kita.

Site map dapat pula mengarah pada
http://dodi-nurdjaja.blogspot.com /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Umumnya (sepanjang yang saya lihat) angka 500 dapat dirubah menjadi 1000 atau 1500. Angka ini mengacu pada angka maksimal jumlah postingan dalam blog yang akan diindex. Tapi kebanyakan orang memakai
http://dodi-nurdjaja.blogspot.com/feeds/posts/summary?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc
karena maksimalnya 9999.


Akhirnya, sitemap (daftar isi) yang saya pakai adalah :

<div style="height: 500px; overflow: auto; width: 100%;">
<script src="http://me-sitemap.googlecode.com/files/mysitemap.js" type="text/javascript"></script>
<script src="http://dodi-nurdjaja.blogspot.com/feeds/posts/summary?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
</div>

dengan tinggi 500 pixel, lebar otomatis.


Lebih lanjut mengenai ini, bisa anda browsing di “json blog site map”.

Dan ketika hendak membuat tulisan ini, agak bingung juga, karena rangkaian perintah java html jadi tidak terbaca. Kembali dengan 'tongkat' google, saya bisa menyelesaikan permasalahan, setelah googling "parse html".


Terima kasih.

=====

Daftar Isi

=====
Baca juga:
- Daftar Isi
- Behind The Screen Daftar Isi [ Google Search Engine]

Tidak ada komentar:

Iklan dan Promosi terselubung masih boleh, asal cantumkan komentar yang sesuai tema.
Iklan/promosi yang berlebihan dan komentar yang tidak sesuai tema, akan dihapus.
Komentar spam akan dihapus juga.

Copyright © 2011 Dodi®Nurdjaja™ . Diberdayakan oleh Blogger.