Yahoo!Answer [Facebook|Admin|2]

Dodi Nurdjaja

Header Ads

728 x 90 ads
728 x 90 ads
DMCA.com Protection Status
Copas harus se-izin pemilik konten

Yahoo!Answer [Facebook|Admin|2]

Auto update fans page?

Bagaimana cara auto update fans page???


---


Klik di sini untuk melihat tanya-jawab

Ini dia, nih.

Dari Twitter, ada fitur autopost ke Facebook. Dengan feedburner atau twitterfeed, bisa menarik RSS ke Twitter. Lalu dilanjutkan autopost ke Facebook. Tapi bahayanya, jika menarik RSS dari suatu situs web/blog yang bukan miliknya sendiri. Bisa dikategorikan sebagai plagiasi.

Di Facebook sendiri ada aplikasi RSS Graffiti. Fungsinya pun menarik RSS (bisa dari suatu situs web/blog juga) langsung ke Facebook.

Saya sendiri menggunakan feedburner dan twitterfeed untuk menjadi jembatan update blog ke LinkedIn dan Twitter.  Sementara dari Twitter sudah disetting autopost ke Facebook.  Saya tidak plagiasi, karena saya menyebarkan tulisan (karya) sendiri. Tapi menyebarkan konten yang sama ke beberapa media, agak mirip dengan spam. Maka harus berhati-hati.

Meskipun fungsi dari feedburner dan twitterfeed cenderung sama, tapi kita bisa memaksimalkan fungsi keduanya. Feedburner dipakai sebagai pengayak awal, yang menarik RSS dalam jumlah banyak.  Hasilnya, jangan langsung dipublikasikan (autopost) ke Twitter, tapi alihkan ke Twitterfeed.  Dari Twitterfeed, diatur jeda waktu tayangnya agar tidak terlalu berdekatan, misalnya 1 kali tiap jam.  Karena kalau terlalu banyak Tweeting dalam 1 jam, bisa dianggap spam dan akun Twitter kita bisa ditangguhkan.

Dari fungsi search di Twitter sendiri, bisa difungsikan sebagai RSS. RSS hasil search (misalnya "Cirebon") di Twitter ditarik ke feedburner, lalu diolah oleh Yahoo!Pipes untuk membuang yang tidak diinginkan, kemudian diarahkan ke Twitter via twitterfeed. Maka kita punya mesin penjawab otomatis. Pada Twitterfeed misalnya diberi prefix ":) RT @" pada tweet @blog_cat_per "Cirebon panas euy", akan menghasilkan ":) RT @blog_cat_per Cirebon panas euy" sebagai update tweet kita. (Kebetulan, @blog_cat_per adalah akun uji coba saya sebagai mesin/robot penjawab otomatis. Sekarang akun itu sudah ditangguhkan permanen.)

Tapi tak sia-sia, sekarang akun Twitter saya sudah setengah mesin. Akun itu menjadi autopost untuk fanspage "Inside Cirebon On Twitter Dodi Nurdjaja". Disamping itu, pada fanspage "Macan Putih Project (GAPTEKer Community)", saya menarik RSS dari Tweet @Lemsaneg_RI untuk menjadi auto update via twitterfeed, tanpa mampir di akun Twitter saya. Sementara itu, saya bikin akun lain, @blog_CatPer sebagai mesin/robot yang menyapa kepada setiap yang tweet "Cirebon". Untuk belajar lebih jauh tentang hal ini, bisa googling "twitter bot adalah".

Saya menyediakan "CirebonBot to Clone pada Yahoo!Pipes untuk di-cloning, bagi yang berminat.

Namun untuk menjelaskan ini semua kepada yang masih newcomer alias GAPTEKer, agak sulit. Jadi, saya hanya menyarankan untuk autopost dari Twitter. Sementara posting tweet diatur/dijadwal melalui BufferApp. Penjelasannya sederhana.


Semoga terinspirasi.

Tidak ada komentar:

Iklan dan Promosi terselubung masih boleh, asal cantumkan komentar yang sesuai tema.
Iklan/promosi yang berlebihan dan komentar yang tidak sesuai tema, akan dihapus.
Komentar spam akan dihapus juga.

Copyright © 2011 Dodi®Nurdjaja™ . Diberdayakan oleh Blogger.