Hijrah dari GoogleCode ke GoogleDrive

Dodi Nurdjaja

Header Ads

728 x 90 ads 728 x 90 ads
Maaf sedang ada penataan ulang label, dalam rangka mau ganti theme/template. Berdampak di Menu Utama.


DMCA.com Protection Status
Copas harus se-izin pemilik konten

Hijrah dari GoogleCode ke GoogleDrive

Ternyata, GoogleCode dalam transisi akhir masa jabatan, sekarang jika ingin hosting harus di GoogleDrive. Akhirnya ketemu juga penjelasan cara "unggah" terbaru.
---
Hijrah dari GoogleCode ke GoogleDrive


Special thanks to Nitin Maheta karena pernah pakai scriptnya untuk Related Post (di akhir tulisan). Hari ini saya berencana hosting sendiri javascript https://helplogger.googlecode.com/svn/trunk/related-posts-with-thumbnails-for-blogger.js ke GoogleCode saya sendiri.

Alangkah terkejutnya saat saya lihat di GoogleCode tak ada tab "Download" (biasanya di antara tab menu "Project Home" dan "Wiki").
Hijrah Dari GoogleCode ke GoogleDrive 001

Saya pun klik sana-sini, termasuk tab "Issue", sehingga tanpa sengaja saya kirim file related-posts-with-thumbnails-for-blogger.js saya ke situ. Oow. Salah kamar. Ulangi dari awal. Ah, ini dia yang harus diklik.
Hijrah Dari GoogleCode ke GoogleDrive 002

Ternyata, GoogleCode dalam transisi "akhir masa jabatan", sekarang jika ingin hosting harus di GoogleDrive. Akhirnya ketemu juga penjelasan cara "unggah" terbaru.
Hijrah Dari GoogleCode ke GoogleDrive 003
Hijrah Dari GoogleCode ke GoogleDrive 004

Semua keterangan ada di Manually upload files and folders to Google Drive. Sesuai penjelasan di situ, GoogleDrive memungkinkan untuk hosting file gambar bahkan video juga. Namun, demi menyiasati kapasitas, saya memilih hosting gambar di tinypic.com, yang juga memungkinkan untuk hosting video. Selama ini saya belum pernah hosting video. Kalaupun saya ingin hosting video, saya akan memilih YouTube saja.


Setelah file terunggah, saya pastikan juga setting file agar bisa diakses pada web/blog. Keterangannya bisa baca di Sharing settings overview.
Ada video panduannya juga


GoogleDrive bahkan memungkinkan penyimpanan file HTML, Javascript dan CSS dalam satu folder. Sehingga saat file HTML dibuka dengan preview, akan menjadi tampilan halaman WEB, seperti dalam keterangan Host webpages with Drive. Perintah kuncinya adalah www.googledrive.com/host/...

Tapi saya hanya perlu menyimpan file Javascript dari http://helplogger.googlecode.com/svn/trunk/related-posts-with-thumbnails-for-blogger.js. Di sinilah pentingnya Notepad. Begini cara saya melakukan:

1. Copy perintah <script src="http://helplogger.googlecode.com/svn/trunk/related-posts-with-thumbnails-for-blogger.js" type="text/javascript"></script> ke dalam Notepad lalu save, untuk berjaga-jaga jika ada masalah dalam pengerjaan berikutnya.

2. Buka URL http://helplogger.googlecode.com/svn/trunk/related-posts-with-thumbnails-for-blogger.js pada tab/jendela baru.

3. Copy seluruh isi halaman http://helplogger.googlecode.com/svn/trunk/related-posts-with-thumbnails-for-blogger.js (dengan Ctrl+a lalu Ctrl+c) ke Notepad (dengan Ctrl+v). Bisa diedit juga, tapi saya merasa tak perlu, hingga nama Nitin Maheta www.gj37765.blogspot.com pun masih tertera di situ.
Save file dalam notepad dengan ekstansi .js (Memastikan dulu Save as type sebagai "All files" dan Encoding tetap sebagai "ANSI").
Hijrah Dari GoogleCode ke GoogleDrive 005
Sebenarnya bisa juga tetap dengan ekstensi txt, tapi ini sekedar agar lebih mudah membedakan.
Catatan: Jika alamat URL seperti https://helplogger.googlecode.com/files/related-posts-with-thumbnails-for-blogger.js (tanpa sisipan svn/trunk/) maka saat URL tersebut dibuka, akan langsung otomatis diunduh sebagai file related-posts-with-thumbnails-for-blogger.js atau related-posts-with-thumbnails-for-blogger.js.htm.

4. Unggah file tersebut ke GoogleDrive sesuai petunjuk dalam Manually upload files and folders to Google Drive. Saya sudah menyediakan folder "Untuk Blog" di GoogleDrive untuk mengunggah file ini, dan file Javascript atau CSS lainnya, nanti.

5. Selesai



Untuk penggunaan di template HTML blog, saya tinggal mengikuti petunjuk sesuai Sharing settings overview dan Host webpages with Drive. Di mana perintah kuncinya adalah www.googledrive.com/host/...

Dengan demikian,
<script src="http://helplogger.googlecode.com/svn/trunk/related-posts-with-thumbnails-for-blogger.js" type="text/javascript"></script>
sudah bisa diganti dengan
<script src="https://googledrive.com/host/0Bwqivv7PUKu_dWdibFRlek9ET28" type="text/javascript"></script>

Seandainya, itu berupa file CSS, maka perintahnya menjadi
<link href="https://googledrive.com/host/0Bwqivv7PUKu_dWdibFRlek9ET28" rel="stylesheet" type="text/css"/>
Untuk edit isi jika sudah terlanjur diunggah di GoogleDrive, adalah dengan memaksimalkan fungsi Komputasi awan.

- Dengan cara mengunduh GoogleDrive ke dalam komputer/laptop sendiri. Cara unduhnya juga mudah, tinggal klik "Download", ikuti petunjuk sampai selesai. Setelah restart (kadang tak butuh restart) komputer/laptop, GoogleDrive akan menjadi salah satu folder di dalam komputer/laptop. Selanjutnya file yang ingin diedit, bisa diedit dengan Notepad (atau apapun yang sesuai).
Namun cara ini sangat riskan untuk dilakukan jika menggunakan komputer warnet.

- Dengan cara memanfaatkan Web Notepad.


Namun untuk sementara ini, saya belum perlu mengedit. Tapi untuk sekedar memastikan, saya coba edit, menambahkan nama dan alamat URL blog saya. Hmm it's work. :D Silakan cek di https://drive.google.com/file/d/0Bwqivv7PUKu_dWdibFRlek9ET28/edit?usp=sharing. Perintah lengkapnya masih ada di Template HTML blog saya. Dan akan saya unggah semua ke GoogleDrive, jika ada waktu.


Semoga pengalaman saya berguna bagi yang lain.



=====

GoogleCode GoogleDrive

=====
Update info:
GoogleDoc pun terintegrasi dengan GoogleDrive. Apapun yang kita simpan di GoogleDoc, dapat kita akses di GoogleDrive. Ini contohnya: Hosting di Google Drive.

Tidak ada komentar:

Iklan dan Promosi terselubung masih boleh, asal cantumkan komentar yang sesuai tema.
Iklan/promosi yang berlebihan dan komentar yang tidak sesuai tema, akan dihapus.
Komentar spam akan dihapus juga.

Copyright © 2011 Dodi®Nurdjaja™ . Diberdayakan oleh Blogger.