Ndilalahe, Diundang Bukber di Resto Klapa Manis, Ciperna, Cirebon | TRIP BEDUG ASYIIIK (Bagian 1)

Dodi Nurdjaja

Header Ads

728 x 90 ads
728 x 90 ads
DMCA.com Protection Status
Copas harus se-izin pemilik konten

Ndilalahe, Diundang Bukber di Resto Klapa Manis, Ciperna, Cirebon | TRIP BEDUG ASYIIIK (Bagian 1)

Tahun ini, rampak bedug kembali digelar, namun bukan di Keraton Kanoman. Dan bukan pula dalam acara "Cultural Evening". Rampak Bedug ini merupakan bagian dari rangkaian acara "Trip Bedug Asyiiik Cirebon", yang digelar Sabtu 4 Juli 2015 ini.
---


Bukber di Resto Klapa Manis, untuk media gathering acara "TRIP BEDUG ASYIIIK"
Doc: Ocha (Asli Cirebon)


TRIP BEDUG ASYIIIK (Bagian 1)
Ndilalahe, Diundang Bukber di Resto Klapa Manis, Ciperna, Cirebon



Sekira 2 tahun lalu, tepatnya Sabtu 27 April 2013, Keraton Kanoman pernah dimeriahkan oleh Rampak Bedug, salah satu seni tradisional khas Cirebon, dalam acara "Cultural Evening". Tentu saja, acara tersebut diadakan guna melestarikan serta memperkenalkan kembali seni budaya Cirebon. Dan tentu saja sekaligus untuk menarik wisatawan.

Acara "Cultural Evening" tahun lalu, Sabtu 3 Mei 2014, lebih mengedepankan drama tari kolosal Putri Ong Tien di Keraton Kacirebonan, Cirebon. Bagaimana dengan tahun ini?

Tahun ini, rampak bedug kembali digelar, namun bukan di Keraton Kanoman. Dan bukan pula dalam acara "Cultural Evening". Rampak Bedug ini merupakan bagian dari rangkaian acara "Trip Bedug Asyiiik Cirebon", yang digelar Sabtu 4 Juli 2015 ini. Acara yang diselenggarakan oleh tim dari Maverick ini, mengusung tema "Teman Yang Asyiiik". Acara ini melibatkan 10 tim peserta kompetisi Bedug Asyiiik, beberapa komunitas lokal, dan beberapa seniman/artis lokal dan nasional.

Acara "Trip Bedug Asyiiik Cirebon" ini digelar di Majalengka. Namun sebelumnya, tim Maverick bersama para awak media (cetak maupun online), termasuk blogger sebagai jurnalis warga (citizen journalist), mengawali dengan mengunjungi Keraton Kanoman dan Keraton Kesepuhan. Bahkan meminjam sementara Bedug dari Keraton Kanoman, untuk diarak dan ditabuh di Majalengka.

Seperti apa lengkapnya keseruan acara ini? Tunggu saja laporan lengkap saya setelah mengikuti seluruh rangkaian acara ini.

---

Bagaimana saya bisa ikut diundang oleh tim Maverick ini? Begini ceritanya.

Sore itu saya sedang mengunjungi bakal rumah baru saya di area "tusuk sate" (seberang) pertigaan Ciperna, sebelum Gronggong. Saat itu saya sedang memantau pemasangan instalasi listrik oleh petugas PLN.

Tiba-tiba saya dapat call dari 021...
Caller: "Hallo, kang Dodi?"
Saya: "Ya. Sapa nih?"
C: "Saya Thio dari bla-bla-bla ..."
S: "Wait. Tau nomor saya dari sapa?"
C: "Dari mas Ocha."
S: "Ocha?"
C: "Iya. Mas Ocha."
S: "Ocha yang mana, ya?"
C: "Mas Ocha yang dari Asli Cirebon."
S: "Ooohhh... (langsung ingat). Ada apa, tadi?"
C: "Ini, kang, ada acara bla-bla-bla ..."

Terus terang, saya sempat ga mudeng siapa itu Ocha. Setelah disebut "Asli Cirebon", baru saya paham. Ocha adalah Santosa, ketua Rebon (komunitas blogger Cirebon), yang sekaligus pengelola beberapa blog portal berita, termasuk portal berita "Asli Cirebon".


Bersambung ke Cultural Trip "Bedug Asyiiik" Seharian penuh

===

TRIP BEDUG ASYIIIK (1)

===

6 komentar:

  1. Ndilalahe, blogger Cirebon asyik-asyik juga acaranya ya Mas Dodi. Kopdar sambil mengusung budaya...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya. Komunitas Blogger Cirebon, sepertinya sudah dilirik dan diperhitungkan sebagai media online alternatif. Mungkin juga karena sifat independensi blogger yang bisa lebih bebas berekspresi, tanpa ada sidang redaksi dan lain-lain. Kalo mau nulis, ya tinggal nulis. Tapi jika bahasanya amburadul, ya pasti ga bakal diperhitungkan juga, kayaknya. :D
      BTW, kapan mau ikut KopDar bareng rebon, nih? Ditunggu lho, kedatangannya. :D Rebon, kayaknya perlu belajar dan mengasah juga dari traveller blogger yang pengalaman.

      Hapus
  2. Hehehe....Ocha siapakah itu? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tertulis di paragraf akhir:

      ...
      Ocha adalah Santosa, ketua Rebon (komunitas blogger Cirebon), yang sekaligus pengelola beberapa blog portal berita, termasuk portal berita "Asli Cirebon".

      Makasih, mas Ocha, sudah merekomendasikan saya sebagai salah satu wakil Rebon (Komunitas Blogger Cirebon), di acara TRIP BEDUG ASYIIIK.

      Hapus
  3. Asik acaranya... happy fasting...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang asyiiik. :D
      Happy fasting too

      Hapus

Iklan dan Promosi terselubung masih boleh, asal cantumkan komentar yang sesuai tema.
Iklan/promosi yang berlebihan dan komentar yang tidak sesuai tema, akan dihapus.
Komentar spam akan dihapus juga.

Copyright © 2011 Dodi®Nurdjaja™ . Diberdayakan oleh Blogger.