Kenapa Harus Hotel Batiqa Cirebon?

Dodi Nurdjaja

Header Ads

728 x 90 ads
728 x 90 ads
DMCA.com Protection Status
Copas harus se-izin pemilik konten

Kenapa Harus Hotel Batiqa Cirebon?

Hotel nyaman di Cirebon ..... Hotel di Cirebon ..... Hotel strategis di Cirebon ..... Hotel Cirebon yang nyaman ..... Hotel di Cirebon untuk liburan keluarga ..... Hotel terbaik untuk acara pertemuan ..... Hotel Terbaik dengan harga murah

Mungkin (kira-kira) seperti itulah kata kunci yang akan dicari di Google, utamanya "Nyaman" dan/tapi "Murah". Manusiawi. Manusiawi dalam sudut pandang prinsip ekonomi, hahahahah. Dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya, mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Siapapun, yang mau booking hotel, pasti menginginkan tingkat "nyaman" semaksimal mungkin, dengan tingkat "harga" yang semurah mungkin. Tapi Prinsip Ekonomi juga menjadi landasan Hotel, toh? Dan sesama Hotel, pasti ada persaingan. Sehingga harga menjadi keputusan yang penuh pertimbangan rumit. Dan keputusan memilih hotel, tetap ada di tangan calon tamu hotel.


Blogger Gathering di Hotel Batiqa Cirebon

Hotel Batiqa Cirebon
Hotel Batiqa Cirebon

Ndilalahe, tanggal 26 Mei 2018 lalu, saya ikut acara Blogger Gathering di Hotel Batiqa. Acara yang diadakan hotel ini, tentunya untuk [lebih] mengenalkan hotel ini kepada para blogger yang diundang. Melalui Blogger Crony Community, kami (30 blogger dari Cirebon, Indramayu, dan Jabodetabek) bisa buka puasa bareng di hotel ini. Ini hal yang bagus untuk melepas kangen bagi kami yang sudah saling kenal, sekaligus saling kenal bagi yang belum. Hal yang lumrah, sebelum acara dimulai, kami para blogger riuh rendah saling bersalaman dan catching up untuk melepas kangen dan berkenalan dengan yang belum kenal. Yang baru kenal saja bisa catching up seputar aktivitas blogging, apalagi yang sudah saling kenal.

Hotel Batiqa Cirebon
Kopdar Blogger @ Hotel Batiqa Cirebon


Masuk sesi acara, nih. Nah, karena tujuan [utama] dari acara, adalah untuk mengenalkan hotel ini, tentunya, pihak hotel berusaha menampilkan sajian terbaik kepada kami, para blogger.

Bu Catleya Parengkuan (General Manager Hotel Batiqa Cirebon) memberikan sambutan sekaligus menjelaskan seluruh hal tentang hotel ini. Tidak hanya itu, beliau pun mempersilakan kami bertanya.

Welcome speech dari Bu Catleya Parengkuan (General Manager Hotel Batiqa Cirebon)


Setelah itu, kami diajak berkeliling melihat fasilitas yang disediakan hotel ini. Kami dibagi menjadi 3 kelompok (berarti masing-masing kelompok terdiri atas 10 orang blogger), dan masing-masing kelompok didampingi 2 atau 3 staff hotel.

Tentunya, penjelasan dari Bu Catleya dan acara keliling hotel, agar para blogger bisa memberikan penjelasan yang seakurat mungkin tentang hotel ini.

Selepas itu, untuk saling akrab, pihak hotel memberikan berbagai hadiah dari games, berbuka puasa bersama, ngobrol santai, mengajak bernyanyi, dan tak lupa memberikan goody bag kepada kami para blogger. Hal yang lumrah, bagi pihak hotel memanjakan kami para blogger, yang diharapkan menjadi salah satu ujung tombak dalam kegiatan promosi mereka. Tapi tetap saja, bagi saya pribadi, ini bukan alasan untuk mencegah kami para blogger menuliskan kritik atau penilaian buruk. Yang penting, memang berdasarkan fakta yang kami lihat atau rasakan.

Blogger Gathering (Dok: Satto Raji)


Hotel Batiqa Cirebon

Hotel Batiqa Cirebon adalah hotel bintang tiga. Hotel ini menampilkan logo (sepintas mirip kupu-kupu) yang mengambil bentuk motif batik Anggrek Biru. Kata BATIQA sendiri merupakan singkatan dari Batik Quality A, artinya hotel ini berlandaskan filosofi estetika batik dengan kualitas pelayanan yang terbaik (kualitas A). Terbukti, hotel ini memperoleh Certificate Of Excellent ke 3 (2016, 2017 dan 2018) dari Tripadvisor, menyatakan bahwa konsistensi servis yang diberikan Batiqa Hotel Cirebon sangat baik.

Hotel Batiqa Cirebon adalah yang kedua dibangun setelah Hotel Batiqa Kerawang. Hotel Batiqa Cirebon  juga menjadi pilot project dari seluruh Hotel Batiqa berikutnya dengan konsep yang baru, yaitu tradisional, modern dan minimalis. Berbeda dengan Hotel Batiqa Kerawang, pendahulunya, yang lebih bernuansa industrialis.

Hotel Batiqa Cirebon
Tengara
Namun, tetap saja, tidak semua tamu memberikan review bintang 5. Tidak semua tamu merasa puas.


Sesuai dengan konsep batik, yang diusung oleh hotel ini, "Batik Stamp" langsung terlihat di belakang meja resepsionis, dan ada semacam "Batik Corner" (aktivitas membatik), yang mengantarkan sugesti suasana batik di hotel ini.
Hotel Batiqa Cirebon
Batik Stamp di belakang Meja Resepsionis
Hotel Batiqa Cirebon
Batik Corner
Batik Corner


Apakah artinya hotel ini peduli budaya? Belum tentu. Hotel ini hanya menampilkan ornamen atau hiasan batik saja. Hotel ini tidak memberikan ruang panggung untuk menampilkan acara-acara budaya.


Memang ada music corner, tapi nyempil di Fresqa Bistro.


Bistro

Hotel Batiqa Cirebon
Fresqa Bistro


Fresqa Bistro di dalam hotel ini, mempunyai kapasitas 60 tempat duduk. Letaknya di dekat lobby hotel, tidak jauh beda dengan beberapa hotel lain di Cirebon. Yang disajikan di sini adalah makanan lokal, nasional, dan international.

Jadi kapasitas tempat duduk, masih kalah oleh beberapa hotel lain di Cirebon.

Tidak seluruh jenis makanan lokal bisa dijumpai di bistro ini. Saya setuju dengan ini. Kalo mau lebih jauh eksplorasi kuliner, ya, jalan-jalan lah.




Ruang Pertemuan

Ruang pertemuan terbagi menjadi 4 tipe : Megamendung 1, Megamendung 2, Canting dan Malam, keempat nama tipe meeting room ini bekaitan dengan batik.

  1. Megamendung 1: Luas 122 m2, kapasitas 140 orang *)
  2. Megamendung 2 : Luas 61 m2, kapasitas 60 orang *)
  3. Canting : Luas 35 m2, kapasitas 25 orang *)
  4. Malam : Luas 38 m2, kapasitas 25 orang *)

*All Package Include : Free mineral water and sweets, markers, 1 Flip chart with 10 pieces of paper, note pad and pen, 1 LCD Projector.
Maaf tidak ada foto, karena semua ruang pertemuan sedang terpakai, saat kami datang.

Beberapa hotel lain di Cirebon punya kapasitas yang lebih luas.


Ruang Olah Raga

Hotel ini menyediakan Fitness Center yang berada di lantai 2. Fasilitas ini hanya bagi tamu hotel, tidak untuk umum.

Fitness Center


Beberapa hotel lain di Cirebon menyediakan kolam renang, bukan hanya sebagai sarana olah raga, tapi juga sebagai sarana bermain bagi keluarga.


Harga Kamar

Hotel ini memiliki dua tipe kamar yaitu 97 kamar superior dan 11 kamar suite. Superior memiliki luas 20 M2 sedangkan suite luasnya 40 M2.

Harga :
Kamar Superior, Rp. 800.000,- /Nett/Malam *)
Kamar Suite, Rp. 1.300.000,- /Nett/Malam *)
Fasilitas yang ditawarkan : Individually controlled AC unit, Free Internet Access, LCD TV & cabel TV channels, working desk, hot & cold shower, coffe and tea maker, 24-hour room service.
*) harga untuk perorangan, untuk coorporate akan mendapatkan diskon 45 %.

Hotel Batiqa Cirebon
Suite Room Bed

Suite Room Desk


Harga menjadi relatif. Apakah dengan semua fasilitas hotel ini, pantas dengan harga yang ditawarkan? Setiap orang punya penilaian masing-masing.


Kenapa Harus Memilih Hotel Batiqa Cirebon?

Acara Pertemuan
Target Hotel Batiqa Cirebon yang utama, adalah tamu yang membutuhkan ruang pertemuan dengan kapasitas yang disediakan. Itulah sebabnya, disediakan diskon untuk coorporate.

Penginapan Ramah Keluarga
Bagi keluarga yang bertujuan berlibur di Cirebon lebih dari 1 hari. Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Khusus heritage dan kuliner lokal, saya pribadi siap mengantar dan menemani sambil memberikan "dongeng" yang berkaitan dengan hal itu. Khusus Royal Culinair pun, bahkan saya bisa atur. Hotel ini sangat layak menjadi pilihan, karena letaknya yang di tengah Kota Cirebon, bahkan relatif dekat juga ke berbagai wilayah wisata di Kabupaten Cirebon.

Kerja Sama Pihak Ketiga
Untuk kebutuhan kolam renang, hotel ini bisa bekerja sama dengan beberapa tempat penyedia Kolam Renang.
Untuk kebutuhan acara outdoor, hotel ini bisa bekerja sama dengan beberapa tempat penyedia lapangan atau area luas lainnya.
Hotel ini pun bekerja sama dengan beberapa tempat shopping, sehingga tamu hotel bisa mendapat harga spesial atau diskon yang menarik. dll

Pelayanan Hotel
Para staff hotel ini dikenal ramah. Hotel ini sangat memperhatikan kebersihan dan kenyamanan tempat. Hotel ini menyediakan layanan antar jemput dari/ke Stasiun Kejaksan. Tamu hotel bisa memesan layanan Ojek online via hotel. Tamu atau calon tamu hotel bisa terhubung juga dengan pihak hotel ini melalui aplikasi WhatsApp.

Pilihan tetap di tangan calon tamu, apakah hotel ini layak menjadi pilihan atau tidak. Overall, bagi saya, dengan sejumlah kekurangan dan kelebihannya, hotel ini masih sangat pantas menjadi pilihan para traveller. Dan, (ini yang gw demen) ternyata hotel ini pun support kepada pelestarian budaya lokal. Di beberapa acara (semisal "Tahun Baru" atau acara lainnya) kerap menampilkan pagelaran budaya.

==============

Bagi yang berminat menghubungi hotel ini, silakan catat:

BATIQA HOTEL CIREBON
Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, Kesambi, Cirebon, Jawa Barat
t. +62 231 833 8000 f. +62 231 833 8008
reservation.cirebon@batiqa.com

Tidak ada komentar:

Iklan dan Promosi terselubung masih boleh, asal cantumkan komentar yang sesuai tema.
Iklan/promosi yang berlebihan dan komentar yang tidak sesuai tema, akan dihapus.
Komentar spam akan dihapus juga.

Copyright © 2011 Dodi®Nurdjaja™ . Diberdayakan oleh Blogger.